Kamis, 31 Januari 2013

Kota Tua


Kota Tua Jakarta


Bekas Tentang suara ini Stadhuis (Balai Kota) Batavia, kantor Gubernur Jenderal VOC. Bangunan ini sekarang menjadi Museum Sejarah Jakarta.
Kota Tua Jakarta, juga dikenal dengan sebutan Batavia Lama (Oud Batavia), adalah sebuah wilayah kecil di Jakarta, Indonesia. Wilayah khusus ini memiliki luas 1,3 kilometer persegi melintasi Jakarta Utara dan Jakarta Barat (Pinangsia, Taman Sari dan Roa Malaka).
Dijuluki "Permata Asia" dan "Ratu dari Timur" pada abad ke-16 oleh pelayar Eropa, Jakarta Lama dianggap sebagai pusat perdagangan untuk benua Asia karena lokasinya yang strategis dan sumber daya melimpah.

Sejarah


Peta Batavia dengan bentengnya (Kasteel) di tahun 1667

Peta Batavia tahun 1740. Wilayah Batavia di dalam dinding kota serta paritnya dan Pelabuhan Sunda Kelapa di kiri (utara) peta membentuk Kota Tua Jakarta.
Tahun 1526, Fatahillah, dikirim oleh Kesultanan Demak, menyerang pelabuhan Sunda Kelapa di kerajaan Hindu Pajajaran, kemudian dinamai Jayakarta. Kota ini hanya seluas 15 hektar dan memiliki tata kota pelabuhan tradisional Jawa. Tahun 1619, VOC menghancurkan Jayakarta di bawah komando Jan Pieterszoon Coen. Satu tahun kemudian, VOC membangun kota baru bernama Batavia untuk menghormati Batavieren, leluhur bangsa Belanda. Kota ini terpusat di sekitar tepi timur Sungai Ciliwung, saat ini Lapangan Fatahillah.
Penduduk Batavia disebut "Batavianen", kemudian dikenal sebagai suku "Betawi", terdiri dari etnis kreol yang merupakan keturunan dari berbagai etnis yang menghuni Batavia.
Tahun 1635, kota ini meluas hingga tepi barat Sungai Ciliwung, di reruntuhan bekas Jayakarta. Kota ini dirancang dengan gaya Belanda Eropa lengkap dengan benteng (Kasteel Batavia), dinding kota, dan kanal. Kota ini diatur dalam beberapa blok yang dipisahkan oleh kanal [1]. Kota Batavia selesai dibangun tahun 1650. Batavia kemudian menjadi kantor pusat VOC di Hindia Timur. Kanal-kanal diisi karena munculnya wabah tropis di dalam dinding kota karena sanitasi buruk. Kota ini mulai meluas ke selatan setelah epidemi tahun 1835 dan 1870 mendorong banyak orang keluar dari kota sempit itu menuju wilayah Weltevreden (sekarang daerah di sekitar Lapangan Merdeka). Batavia kemudian menjadi pusat administratif Hindia Timur Belanda. Tahun 1942, selama pendudukan Jepang, Batavia berganti nama menjadi Jakarta dan masih berperan sebagai ibu kota Indonesia sampai sekarang.
Tahun 1972, Gubernur Jakarta, Ali Sadikin, mengeluarkan dekrit yang resmi menjadikan Kota Tua sebagai situs warisan. Keputusan gubernur ini ditujukan untuk melindungi sejarah arsitektur kota — atau setidaknya bangunan yang masih tersisa di sana.
Meski dekrit Gubernur dikeluarkan, Kota Tua tetap terabaikan. Banyak warga yang menyambut hangat dekrit ini, tetapi tidak banyak yang dilakukan untuk melindungi warisan era kolonial Belanda.[2]

Tempat yang sudah dihancurkan

Dalam pengembangan daerah Jakarta, pemprov DKI Jakarta menghancurkan beberapa bangunan atau tempat yang berada di daerah kota Tua Jakarta dengan alasan tertentu. Tempat tersebut adalah:

Tempat menarik dan bersejarah


Kantor Pos di Kota Tua

Gedung Dasaad Musin di tahun 2010
Sebagai permukiman penting, pusat kota, dan pusat perdagangan di Asia sejak abad ke-16, Oud Batavia merupakan rumah bagi beberapa situs dan bangunan bersejarah di Jakarta:[1]

ORIGAMI JEPANG

Origami
"Kertas lipat" beralih ke halaman ini. Untuk kegunaan lain, lihat Kertas lipat (disambiguasi). Untuk kegunaan lain dari Origami, lihat Origami (disambiguasi).Origami bangauLipat dari derek OrigamiOrigami (折り紙), Dari ori berarti "melipat", dan Kami yang berarti "kertas" (Kami perubahan gami karena rendaku) adalah seni tradisional Jepang melipat kertas, yang dimulai pada abad ke-17 di terbaru dan dipopulerkan luar dari Jepang pada pertengahan 1900-an itu telah. sejak saat itu berkembang menjadi suatu bentuk seni modern. Tujuan dari seni ini adalah untuk mengubah lembaran datar kertas menjadi patung jadi melalui teknik lipat dan patung, dan dengan demikian penggunaan pemotongan atau lem tidak dianggap origami pemotongan kertas. dan mengelem biasanya dianggap Kirigami.Jumlah lipatan origami dasar kecil, tetapi mereka dapat dikombinasikan dalam berbagai cara untuk membuat desain yang rumit. Model paling terkenal origami mungkin crane kertas Jepang. Secara umum, desain ini dimulai dengan selembar kertas persegi yang sisi mungkin warna yang berbeda atau cetakan. Origami tradisional Jepang, yang telah dipraktekkan sejak zaman Edo (1603-1867), telah sering kurang ketat tentang konvensi, kadang-kadang memotong kertas atau menggunakan bentuk nonsquare untuk memulai dengan.

Sejarah
Sekelompok anak-anak sekolah Jepang mendedikasikan kontribusi mereka dari Seribu crane origami di Sadako Sasaki peringatan di Hiroshima.Ada banyak spekulasi tentang asal-usul Origami. Sementara Jepang tampaknya memiliki tradisi yang paling luas, ada bukti dari tradisi independen paperfolding di Cina, serta di Jerman, Italia dan Spanyol antara tempat-tempat lainnya. Namun, karena masalah yang terkait dengan origami melestarikan, ada bukti langsung sangat sedikit dari usia atau asal-usul, selain dari referensi dalam materi yang dipublikasikan.Di Cina, pemakaman tradisional termasuk kertas dilipat terbakar, paling sering representasi emas nugget (Yuanbao). Hal ini tidak diketahui kapan mulai praktek ini, tetapi tampaknya telah menjadi populer selama Dinasti Sung (905-1125 M) [2]. The melipat kertas yang biasanya menjadi benda seperti piring, topi atau perahu daripada binatang atau bunga. [3]Bukti awal paperfolding di Eropa adalah gambar perahu kertas kecil di Tractatus de sphaera mundi dari 1490. Ada juga bukti potong dan kotak kertas dilipat dari sebelumnya 1440 [4]. Besar kemungkinan paperfolding di barat berasal dari Moor jauh lebih awal, [5] tidak diketahui apakah itu secara terpisah ditemukan atau pengetahuan origami datang rute sutra.Di Jepang, referensi ambigu awal untuk model kertas dalam puisi pendek oleh Ihara Saikaku pada tahun 1680 yang menggambarkan kupu-kupu kertas dalam mimpi. [6] Origami kupu-kupu yang digunakan selama perayaan pernikahan Shinto untuk mewakili pengantin, sehingga paperfolding telah menjadi aspek penting dari upacara Jepang oleh periode Heian (794-1185) dari sejarah Jepang, cukup bahwa referensi dalam puisi ini akan diakui. Prajurit samurai akan bertukar hadiah dihiasi dengan noshi, semacam token keberuntungan terbuat dari strip kertas terlipat.Pada awal 1900-an, Akira Yoshizawa, Kosho Uchiyama, dan lain-lain mulai menciptakan dan merekam karya-karya origami asli. Akira Yoshizawa khususnya bertanggung jawab untuk sejumlah inovasi, seperti basah-lipat dan sistem Yoshizawa-Randlett diagram, dan karyanya menginspirasi kebangkitan dari bentuk seni. [7] Selama tahun 1980-an sejumlah folder mulai sistematis mempelajari sifat matematika bentuk dilipat, yang menyebabkan peningkatan yang stabil dalam kompleksitas model origami, yang berlanjut ke tahun 1990-an, setelah beberapa desainer mulai kembali ke bentuk yang lebih sederhana. [8] 

Teknik dan bahan
Banyak buku origami dimulai dengan deskripsi teknik origami dasar yang digunakan untuk membangun model. Ini termasuk diagram sederhana lipatan dasar seperti lipatan lembah dan gunung, lipatan, lipatan terbalik, lipatan squash, dan tenggelam. Ada juga pangkalan yang bernama standar yang digunakan dalam berbagai macam model, misalnya dasar burung merupakan tahap peralihan dalam pembangunan burung mengepakkan [9] basis tambahan adalah basis awal (dasar persegi), dasar ikan,. waterbomb dasar, dan basis katak [10].Origami kertasArtikel utama: Origami kertasSebuah crane dan kertas dengan ukuran yang sama yang digunakan untuk melipatnyaHampir setiap laminar (datar) material dapat digunakan untuk melipat, satu-satunya persyaratan adalah bahwa ia harus memegang lipatan.Origami kertas, sering disebut sebagai "kami" (Jepang untuk kertas), dijual dalam kotak dikemas dengan berbagai ukuran mulai dari 2,5 cm (1 in) sampai 25 cm (10 in) atau lebih. Hal ini umumnya berwarna di satu sisi dan putih di sisi lain, namun, berwarna ganda dan versi berpola ada dan dapat digunakan secara efektif untuk warna-berubah model. Kertas origami beratnya sedikit kurang dari kertas fotokopi, sehingga cocok untuk yang lebih luas dari model.Copy kertas biasa dengan bobot 70-90 g/m2 dapat digunakan untuk lipatan yang sederhana, seperti crane dan waterbomb. Makalah lebih berat dari (19-24 & nb 100 g/m2 (sekitar 25 lb) atau lebih bisa basah-dilipat. Teknik ini memungkinkan untuk mematung lebih bulat dari model, yang menjadi kaku dan kokoh bila sudah kering.Foil yang didukung kertas, seperti namanya, adalah lembaran foil tipis terpaku pada selembar kertas tipis. Terkait dengan ini adalah jaringan foil, yang dibuat dengan menempelkan selembar tipis kertas tisu untuk foil aluminium dapur. Sepotong kedua jaringan dapat menempel ke sisi sebaliknya untuk menghasilkan sandwich jaringan / foil / jaringan. Foil yang didukung kertas tersedia secara komersial, tetapi tidak foil jaringan, itu harus buatan tangan. Kedua jenis bahan foil yang cocok untuk model yang kompleks.Washi (和 纸?) Adalah kertas origami tradisional yang digunakan di Jepang. Washi umumnya lebih keras daripada kertas biasa yang terbuat dari pulp kayu, dan digunakan dalam seni tradisional. Washi umumnya dibuat menggunakan serat dari kulit pohon gampi, semak mitsumata (Edgeworthia papyrifera), atau murbei kertas tetapi juga dapat dibuat dengan menggunakan bambu, rami, beras, dan gandum.Makalah Artisan seperti Unryu, lokta, hanji, gampi, kozo, SAA, dan abaca memiliki serat panjang dan sering sangat kuat. Karena makalah ini floppy untuk memulai dengan, mereka sering backcoated atau diubah ukurannya dengan metilselulosa atau pasta gandum sebelum lipat. Juga, makalah ini sangat tipis dan kompresibel, memungkinkan untuk tipis, kaki menyempit seperti dalam kasus model serangga.Uang kertas dari berbagai negara juga populer untuk membuat origami dengan, hal ini dikenal dengan berbagai sebagai Dollar Origami, Orikane, dan Origami Uang.AlatTulang folderHal ini umum untuk melipat menggunakan permukaan datar tetapi beberapa folder seperti melakukannya di udara tanpa alat terutama ketika menampilkan lipat. Folder Banyak percaya bahwa alat tidak harus digunakan bila lipat. Namun beberapa alat dapat membantu terutama dengan model yang lebih kompleks. Misalnya folder tulang memungkinkan lipatan tajam yang akan dibuat di koran mudah, klip kertas dapat bertindak sebagai pasangan ekstra jari, dan pinset dapat digunakan untuk membuat lipatan kecil. Ketika membuat model yang kompleks dari pola lipatan origami, dapat membantu untuk menggunakan penggaris dan bolpoin embosser untuk mencetak lipatan. Model yang telah selesai dapat disemprotkan sehingga mereka mempertahankan bentuk mereka dengan lebih baik, dan semprotan diperlukan saat lipat basah.Jenis origamiAksi origamiArtikel utama: origami AksiOrigami tidak hanya mencakup yang masih hidup, ada juga benda bergerak, Origami dapat bergerak dengan cara yang cerdas. Aksi origami termasuk origami yang terbang, membutuhkan inflasi untuk menyelesaikan, atau, bila lengkap, menggunakan energi kinetik dari tangan seseorang, diterapkan pada daerah tertentu pada model, untuk memindahkan flap atau anggota tubuh lain. Beberapa berpendapat bahwa, tegasnya, hanya yang terakhir ini benar-benar "diakui" sebagai tindakan origami. Aksi origami, pertama muncul dengan burung mengepakkan tradisional Jepang, adalah sangat umum. Salah satu contohnya adalah instrumentalis Robert Lang, ketika kepala angka-angka 'yang menarik diri dari tubuh mereka, tangan mereka akan bergerak, menyerupai bermain musik.Modular origamiSebuah Icosahedron seperti bintang yang terbuat dari kertas kustomArtikel utama: origami ModularModular origami terdiri dari menempatkan sejumlah potongan identik bersama untuk membentuk sebuah model yang lengkap. Biasanya potongan individu yang sederhana namun perakitan akhir mungkin sulit. Banyak model origami modular adalah bola dekoratif seperti kusudama, teknik berbeda meskipun dalam kusudama yang memungkinkan potongan harus disatukan dengan menggunakan benang atau lem.Melipat kertas Cina termasuk gaya yang disebut Venture Folding Emas di mana sejumlah besar potongan diletakkan bersama-sama untuk membuat model rumit. Hal ini paling umum dikenal sebagai "3d origami" Namun, nama itu tidak muncul sampai Staf Joie menerbitkan serangkaian buku berjudul "3D Origami", "Origami Lebih 3D", dan "Origami Lebih dan Lebih 3D". Kadang-kadang uang kertas digunakan untuk modul. Gaya ini berasal dari beberapa pengungsi Cina sementara mereka ditahan di Amerika dan juga disebut Venture Emas lipat dari kapal mereka datang.Basah-lipatArtikel utama: Basah-lipatBasah-lipat adalah teknik origami untuk memproduksi model dengan kurva lembut daripada lipatan lurus geometris dan permukaan datar. Makalah ini dibasahi sehingga dapat dicetak dengan mudah, model akhir terus bentuknya saat mengering. Hal ini dapat digunakan, misalnya, untuk menghasilkan model hewan yang sangat alami mencari. Ukuran, perekat yang tajam dan keras saat kering, tetapi larut dalam air ketika basah dan menjadi lembut dan fleksibel, sering diterapkan pada kertas baik pada tahap ampas saat kertas sedang terbentuk, atau pada permukaan selembar siap kertas. Metode yang terakhir ini disebut ukuran eksternal dan paling sering menggunakan Metilselulosa, atau MC, pasta, atau pati berbagai tanaman.Pureland origamiArtikel utama: Pureland origamiPureland origami origami adalah dengan pembatasan bahwa hanya satu kali lipat dapat dilakukan pada satu waktu, lipatan lebih kompleks seperti lipatan terbalik tidak diperbolehkan, dan semua lipatan memiliki lokasi langsung. Ini dikembangkan oleh John Smith pada 1970-an untuk membantu folder tidak berpengalaman atau orang-orang dengan keterampilan motorik terbatas. Beberapa desainer juga menyukai tantangan untuk menciptakan model yang baik dalam batasan yang sangat ketat.Origami tessellationsIni cabang dari origami adalah salah satu yang telah berkembang dalam popularitas baru-baru ini. Tessellation adalah kumpulan tokoh mengisi pesawat tanpa kesenjangan atau tumpang tindih. Dalam tessellations origami, lipatan digunakan untuk menghubungkan molekul seperti lipatan memutar bersama-sama dalam mode berulang.Selama tahun 1960, Shuzo Fujimoto adalah yang pertama untuk mengeksplorasi tessellations memutar kali lipat dalam setiap cara yang sistematis, datang dengan puluhan pola dan menetapkan genre dalam arus utama origami. Sekitar periode waktu yang sama, Ron Resch dipatenkan pola tessellation beberapa sebagai bagian dari eksplorasi ke dalam patung kinetik dan permukaan developable, meskipun karyanya tidak diketahui oleh masyarakat origami sampai 1980-an. Chris Palmer adalah seniman yang telah dieksplorasi secara ekstensif tessellations setelah melihat pola Zilij di Alhambra, dan telah menemukan cara untuk membuat origami tessellations rinci dari sutra. Robert Lang dan Alex Bateman adalah dua desainer yang menggunakan program komputer untuk membuat origami tessellations. Buku Amerika pertama pada tessellations origami hanya diterbitkan oleh Eric Gjerde dan lapangan telah berkembang pesat. Ada seniman tessellation banyak origami termasuk Chris Palmer (AS), Eric Gjerde (AS), Polly Verity (Skotlandia), Joel Cooper (AS), Christine Edison (AS), Ray Schamp (AS), Roberto Gretter (Italia), Goran Konjevod (AS), dan Bettens Christiane (Swiss) yang memamerkan karya yang baik geometrik dan representasional.KirigamiArtikel utama: KirigamiKirigami adalah istilah Jepang untuk memotong kertas. Cutting sering digunakan dalam origami tradisional Jepang, namun inovasi modern dalam teknik telah membuat penggunaan pemotongan yang tidak perlu. Kebanyakan desainer origami tidak lagi mempertimbangkan model dengan pemotongan menjadi origami, bukan menggunakan Kirigami istilah untuk menggambarkan mereka. Perubahan sikap yang terjadi selama tahun 1960-an dan 70-an, begitu awal origami buku sering menggunakan pemotongan, tetapi untuk sebagian besar mereka telah menghilang dari repertoar origami modern, buku paling modern bahkan tidak menyebutkan memotong [11].Matematika dan teknis origamiMatematika dan aplikasi praktisSemi Menjadi Aksi, dirancang oleh Jeff Beynon, terbuat dari potongan persegi kertas tunggal [12].Artikel utama: Matematika melipat kertasPraktek dan studi origami merangkum beberapa mata pelajaran kepentingan matematika. Misalnya, masalah datar foldability (apakah pola lipatan dapat dilipat menjadi model 2-dimensi) telah menjadi topik studi matematika yang cukup.Sejumlah kemajuan teknologi telah datang dari wawasan yang diperoleh melalui melipat kertas. Sebagai contoh, teknik telah dikembangkan untuk penyebaran airbag mobil dan implan stent dari posisi terlipat [13].Masalah origami kaku ("jika kita mengganti kertas dengan lembaran logam dan memiliki engsel di tempat garis lipatan, kita masih bisa melipat model?") Memiliki kepentingan praktis yang besar. Sebagai contoh, Miura peta flip adalah lipatan kaku yang telah digunakan untuk menyebarkan array panel surya besar untuk satelit ruang angkasa.Origami dapat digunakan untuk membangun desain geometris berbagai tidak mungkin dengan konstruksi kompas dan sejajar. Misalnya melipat kertas dapat digunakan untuk tiga bagian sudut dan menggandakan kubus.Ada rencana untuk pesawat origami akan diluncurkan dari ruang angkasa. Sebuah prototipe lulus tes daya tahan dalam terowongan angin pada bulan Maret 2008, dan badan antariksa Jepang diadopsi untuk studi kelayakan. 

Teknis origamiTeknis origami, juga dikenal sebagai origami Sekkei (折り紙 設計?), Adalah bidang origami yang telah dikembangkan hampir tangan-di-tangan dengan bidang matematika origami. Pada hari-hari awal origami, pengembangan desain baru sebagian besar merupakan campuran dari trial-and-error, keberuntungan dan kebetulan. Dengan kemajuan dalam matematika origami Namun, struktur dasar dari model origami baru dapat diplot secara teoritis di atas kertas sebelum melipat sebenarnya bahkan terjadi. Metode desain origami ini dikembangkan oleh Robert Lang, Meguro Toshiyuki dan lain-lain, dan memungkinkan untuk penciptaan yang sangat kompleks multi-berkaki model seperti berkaki banyak lipan, sosok manusia dengan lengkap jari tangan dan kaki, dan sejenisnya.Titik awal utama untuk desain teknis tersebut adalah pola lipatan (sering disingkat sebagai CP), yang pada dasarnya tata letak lipatan yang diperlukan untuk membentuk model akhir. Meskipun tidak dimaksudkan sebagai pengganti diagram, lipat dari pola lipatan mulai mendapatkan popularitas, sebagian karena tantangan untuk bisa 'memecahkan' pola, dan juga sebagian karena pola lipatan sering sumber daya yang tersedia untuk melipat model tertentu, harus desainer memilih untuk tidak menghasilkan diagram. Namun, ada banyak kasus di mana desainer ingin urutan langkah-langkah model mereka tetapi tidak memiliki sarana untuk merancang diagram yang jelas. Origamists tersebut kadang-kadang resor dengan pola lipatan sequencing (SCP) yang merupakan seperangkat pola lipatan menunjukkan lipatan hingga setiap kali lipat masing. SCP menghilangkan kebutuhan untuk diagram program atau kemampuan artistik tetap menjaga proses langkah-demi-langkah untuk folder lain untuk melihat. Nama lain untuk pola lipatan sequencing adalah pola lipatan progresif (PCP).Paradoks cukup, ketika origami desainer datang dengan pola lipatan untuk desain baru, sebagian besar dari lipatan kecil yang relatif tidak penting dan menambahkan hanya terhadap penyelesaian pola lipatan. Apa yang lebih penting adalah alokasi daerah kertas dan bagaimana dipetakan ke struktur obyek sedang dirancang. Untuk kelas khusus basa origami yang dikenal sebagai 'basis uniaksial', pola alokasi yang disebut sebagai 'lingkaran-kemasan'. Menggunakan algoritma optimasi, tokoh lingkaran-kemasan dapat dihitung untuk setiap basis uniaksial kompleksitas sewenang-wenang. Setelah angka ini dihitung, lipatan yang kemudian digunakan untuk mendapatkan struktur dasar dapat ditambahkan. Ini bukan proses matematis yang unik, maka adalah mungkin bagi dua desain untuk memiliki lingkaran kemasan-sama, namun struktur lipatan yang berbeda pola.Sebagai lingkaran membungkus jumlah maksimum daerah untuk perimeter diberikan, kemasan lingkaran memungkinkan untuk efisiensi maksimum dalam hal penggunaan kertas. Namun, bentuk poligonal lainnya dapat digunakan untuk memecahkan masalah kemasan juga. Penggunaan bentuk poligonal selain lingkaran sering termotivasi oleh keinginan untuk menemukan lipatan mudah locatable (seperti kelipatan dari 22,5 derajat) dan karenanya urutan lipat lebih mudah juga. Salah satu cabang populer metode kemasan lingkaran adalah kotak-pleating, di mana kotak yang digunakan sebagai pengganti lingkaran. Akibatnya, pola lipatan yang timbul dari metode ini mengandung sudut derajat hanya 45 dan 90, yang membuat untuk lipat lebih mudah.

Basket

Bola basket


Jordan by Lipofsky 16577.jpg
Michael Jordan goes for a slam dunk at the old Boston Garden
Induk organisasi FIBA
Pertama dimainkan 1891, Springfield, Massachusetts, United States













Bola basket adalah olahraga bola berkelompok yang terdiri atas dua tim beranggotakan masing-masing lima orang yang saling bertanding mencetak poin dengan memasukkan bola ke dalam keranjang lawan. Bola basket sangat cocok untuk ditonton karena biasa dimainkan di ruang olahraga tertutup dan hanya memerlukan lapangan yang relatif kecil. Selain itu, bola basket mudah dipelajari karena bentuk bolanya yang besar, sehingga tidak menyulitkan pemain ketika memantulkan atau melempar bola tersebut. Bola basket adalah salah satu olahraga yang paling digemari oleh penduduk Amerika Serikat dan penduduk di belahan bumi lainnya, antara lain di Amerika Selatan, Eropa Selatan, Lithuania, dan juga di Indonesia.

Sejarah

Basket dianggap sebagai olahraga unik karena diciptakan secara tidak sengaja oleh seorang guru olahraga. Pada tahun 1891, Dr. James Naismith, seorang guru Olahraga asal Kanada yang mengajar di sebuah perguruan tinggi untuk para siswa profesional di YMCA (sebuah wadah pemuda umat Kristen) di Springfield, Massachusetts, harus membuat suatu permainan di ruang tertutup untuk mengisi waktu para siswa pada masa liburan musim dingin di New England. Terinspirasi dari permainan yang pernah ia mainkan saat kecil di Ontario,Naismith menciptakan permainan yang sekarang dikenal sebagai bola basket pada 15 Desember 1891.
Menurut cerita, setelah menolak beberapa gagasan karena dianggap terlalu keras dan kurang cocok untuk dimainkan di gelanggang-gelanggang tertutup, dia lalu menulis beberapa peraturan dasar, menempelkan sebuah keranjang di dinding ruang gelanggang olahraga, dan meminta para siswa untuk mulai memainkan permainan ciptaannya itu.
Pertandingan resmi bola basket yang pertama, diselenggarakan pada tanggal 20 Januari 1892 di tempat kerja Dr.James Naismith. Basket adalah sebutan yang diucapkan oleh salah seorang muridnya. Olahraga ini pun segera terkenal di seantero Amerika Serikat. Penggemar fanatik ditempatkan di seluruh cabang di Amerika Serikat. Pertandingan demi pertandingan pun dilaksanakan di seluruh kota-kota negara bagian Amerika Serikat.
Pada awalnya, setiap tim berjumlah sembilan orang dan tidak ada dribble, sehingga bola hanya dapat berpindah melalui lemparan. Sejarah peraturan permainan basket diawali dari 13 aturan dasar yang ditulis sendiri oleh James Naismith.

Lapangan, waktu, dan jumlah pemain bola basket

Lapangan bola basket berbentuk persegi panjang dengan dua standar ukuran, yakni panjang 28,5 meter dan lebar 15 meter untuk standar National Basketball Association dan panjang 26 meter dan lebar 14 meter untuk standar Federasi Bola Basket Internasional. Tiga buah lingkaran yang terdapat di dalam lapangan basket memiliki panjang jari-jari yaitu 1,80 meter.
Jumlah pemain dalam permainan bola basket adalah 5 orang dalam satu regu dengan cadangan 5 orang. Sedangkan jumlah wasit dalam permainan bola basket adalah 2 orang. Wasit 1 disebut Referee sedangkan wasit 2 disebut Umpire.
Waktu permainan 4 X 10 menit. Di antara babak 1, 2, 3, dan babak 4 terdapat waktu istirahat selama 10 menit. Bila terjadi skor yang sama pada akhir pertandingan harus diadakan perpanjangan waktu sampai terjadi selisih skor. Di antara dua babak tambahan terdapat waktu istirahat selama 2 menit. Waktu untuk lemparan ke dalam yaitu 5 detik.
Keliling bola yang digunakan dalam permainan bola basket adalah 75 cm - 78 cm. Sedangkan berat bola adalah 600 - 650 gram. Jika bola dijatuhkan dari ketinggian 1,80 meter pada lantai papan, maka bola harus kembali pada ketinggian antara 1,20 - 1,40 meter.
Panjang papan pantul bagian luar adalah 1,80 meter sedangkan lebar papan pantul bagian luar adalah 1,20 meter. Dan panjang papan pantul bagian dalam adalah 0,59 meter sedangkan lebar papan pantul bagian dalam adalah 0,45 meter.
Jarak lantai sampai ke papan pantul bagian bawah adalah 2,75 meter. Sementara jarak papan pantul bagian bawah sampai ke ring basket adalah 0,30 meter. Ring basket memiliki panjang yaitu 0,40 meter. Sedangkan jarak tiang penyangga sampai ke garis akhir adalah 1 meter.
Panjang garis tengah lingkaran pada lapangan basket adalah 1,80 meter dengan ukuran lebar garis yaitu 0,05 meter. Panjang garis akhir lingkaran daerah serang yaitu 6 meter. Sedangkan panjang garis tembakan hukuman yaitu 3,60 meter.

Peraturan permainan bola basket

Aturan dasar pada permainan Bola Basket adalah sebagai berikut:
  • Bola dapat dilemparkan ke segala arah dengan menggunakan salah satu atau kedua tangan.
  • Bola dapat dipukul ke segala arah dengan menggunakan salah satu atau kedua tangan, tetapi tidak boleh dipukul menggunakan kepalan tangan (meninju).
  • Pemain tidak diperbolehkan berlari sambil memegang bola. Pemain harus melemparkan bola tersebut dari titik tempat menerima bola, tetapi diperbolehkan apabila pemain tersebut berlari pada kecepatan biasa.
  • Bola harus dipegang di dalam atau di antara telapak tangan. Lengan atau anggota tubuh lainnya tidak diperbolehkan memegang bola.
  • Pemain tidak diperbolehkan menyeruduk, menahan, mendorong, memukul, atau menjegal pemain lawan dengan cara bagaimanapun. Pelanggaran pertama terhadap peraturan ini akan dihitung sebagai kesalahan, pelanggaran kedua akan diberi sanksi berupa diskualifikasi pemain pelanggar hingga keranjang timnya dimasuki oleh bola lawan, dan apabila pelanggaran tersebut dilakukan dengan tujuan untuk mencederai lawan, maka pemain pelanggar akan dikenai hukuman tidak boleh ikut bermain sepanjang pertandingan. Pada masa ini, pergantian pemain tidak diperbolehkan.
  • Sebuah kesalahan dibuat pemain apabila memukul bola dengan kepalan tangan (meninju), melakukan pelanggaran terhadap aturan 3 dan 4, serta melanggar hal-hal yang disebutkan pada aturan 5.
  • Apabila salah satu pihak melakukan tiga kesalahan berturut-turut, maka kesalahan itu akan dihitung sebagai gol untuk lawannya (berturut-turut berarti tanpa adanya pelanggaran balik oleh lawan).
  • Gol terjadi apabila bola yang dilemparkan atau dipukul dari lapangan masuk ke dalam keranjang, dalam hal ini pemain yang menjaga keranjang tidak menyentuh atau mengganggu gol tersebut. Apabila bola terhenti di pinggir keranjang atau pemain lawan menggerakkan keranjang, maka hal tersebut tidak akan dihitung sebagai sebuah gol.
  • Apabila bola keluar lapangan pertandingan, bola akan dilemparkan kembali ke dalam dan dimainkan oleh pemain pertama yang menyentuhnya. Apabila terjadi perbedaan pendapat tentang kepemilikan bola, maka wasitlah yang akan melemparkannya ke dalam lapangan. Pelempar bola diberi waktu 5 detik untuk melemparkan bola dalam genggamannya. Apabila ia memegang lebih lama dari waktu tersebut, maka kepemilikan bola akan berpindah. Apabila salah satu pihak melakukan hal yang dapat menunda pertandingan, maka wasit dapat memberi mereka sebuah peringatan pelanggaran.
  • Wasit berhak untuk memperhatikan permainan para pemain dan mencatat jumlah pelanggaran dan memberi tahu wasit pembantu apabila terjadi pelanggaran berturut-turut. Wasit memiliki hak penuh untuk memberikan diskualifikasi pemain yang melakukan pelanggaran sesuai dengan yang tercantum dalam aturan 5.
  • Wasit pembantu memperhatikan bola dan mengambil keputusan apabila bola dianggap telah keluar lapangan, pergantian kepemilikan bola, serta menghitung waktu. Wasit pembantu berhak menentukan sah tidaknya suatu gol dan menghitung jumlah gol yang terjadi.
  • Waktu pertandingan adalah 4 quarter masing-masing 10 menit
  • Pihak yang berhasil memasukkan bola ke ring terbanyak akan dinyatakan sebagai pemenang [1]

Teknik dasar permainan bola basket

Cara memegang bola basket adalah sikap tangan membentuk mangkok besar. Bola berada di antara kedua telapak tangan. Telapak tangan melekat di samping bola agak ke belakang, jari-jari terentang melekat pada bola. Ibu jari terletak dekat dengan badan di bagian belakang bola yang menghadap ke arah tengah depan. Kedua kaki membentuk kuda-kuda dengan salah satu kaki di depan. Badan sedikit condong ke depan dan lutut rileks.
Dalam menangkap bola harus diperhatikan agar bola berada dalam penguasaan. Bola dijemput telapak tangan dengan jari-jari tangan terentang dan pergelangan tangan rileks. Saat bola masuk di antara kedua telapak tangan, jari tangan segera melekat ke bola dan ditarik ke belakang atau mengikuti arah datangnya bola. Menangkap bola (catching ball) terdiri dari dua macam cara yaitu menangkap bola di atas kepala dan menangkap bola di depan dada.
Mengoper atau melempar bola terdiri atas tiga cara yaitu melempar bola dari atas kepala (over head pass), melempar bola dari dari depan dada (chest pass) yang dilakukan dari dada ke dada dengan cepat dalam permainan, serta melempar bola memantul ke tanah atau lantai (bounce pass).
Menggiring bola (dribbling ball) adalah suatu usaha membawa bola ke depan. Caranya yaitu dengan memantul-mantulkan bola ke lantai dengan satu tangan. Saat bola bergerak ke atas telapak tangan menempel pada bola dan mengikuti arah bola. Tekanlah bola saat mencapai titik tertinggi ke arah bawah dengan sedikit meluruskan siku tangan diikuti dengan kelenturan pergelangan tangan. Menggiring bola dalam permainan bola basket dapat dibagi menjadi dua cara, yaitu menggiring bola rendah dan menggiring bola tinggi. Menggiring bola rendah bertujuan untuk melindungi bola dari jangkauan lawan. Menggiring bola tinggi dilakukan untuk mengadakan serangan yang cepat ke daerah pertahanan lawan.
Pivot atau memoros adalah suatu usaha menyelamatkan bola dari jangkauan lawan dengan salah satu kaki sebagai porosnya, sedangkan kaki yang lain dapat berputar 360 derajat.

Seorang pemain basket melakukan shooting dengan dua tangan.
Shooting adalah usaha memasukkan bola ke dalam keranjang atau ring basket lawan untuk meraih poin. Dalam melakukan shooting ini dapat dilakukan dengan dua cara yaitu dengan shooting dengan dua tangan serta shooting dengan satu tangan.
Lay-up adalah usaha memasukkan bola ke ring atau keranjang basket dengan dua langkah dan meloncat agar dapat meraih poin. Lay-up disebut juga dengan tembakan melayang.

Teknik permainan bola basket profesional

Fade away adalah tehnik yang mendorong badan kebelakang saat melakukan shoot, sehingga menyulitkan defender untuk menghadang bola. tehnik ini lumayan susah dilakukan buat pemain yang baru belajar basket. Bila keseimbangan badan tidak terjaga bisa-bisa terpelanting dan jatuh kebelakang. Pemain NBA yang sering memakai teknik ini adalah sang legenda basket seperti Michael Jordan dan Kobe Bryant.
Hook adalah teknik yang sangat efektif bila pemain dijaga oleh orang yang lebih tinggi dari pemain. Yaitu cara menembak dari samping dengan satu tangan. Jadi jarak antara orang yang menghadang dan pemain bisa agak jauh. Belakangan tehnik ini sering dipakai oleh Rony Gunawan Satria Muda Britama waktu melawan Garuda Bandung di Final 2009, dan keakuratan mencapai 80%.
Teknik yang butuh lompatan tinggi, dan akurasi tembakan yang bagus. Yaitu dengan melompat dan melakukan tembakan yang liar dan sulit untuk di gagalkandan .
merupakan cara dribble dengan cara memantulkan bola dari tangan kiri ke tangan kanan atau sebaliknya. biasanya teknik sudah banyak di improvisasi dengan cara memantulkan bola di antara celah kaki (kebanyakan pemain internasional sudah menggunakan teknik ini) atau belakang kaki (yang paling sering menggunakan teknik ini adalah Jamal Crawford - Atlanta Hawks)
Slamdunk adalah salah satu teknik yang paling populer. Sebenarnya cukup simpel, yaitu hanya memasukkan bola secara langsung ke ring dan menghempaskan tangan ke ring basket. Walaupun simpel, tapi untuk orang dengan tinggi 171 cm slam seperti ini hampir mustahil untuk dilakukan karena lompatannya tidak cukup tinggi. [2]

Perkembangan

Permainan basket sudah sangat berkembang dan digemari sejak pertama kali diperkenalkan oleh James Naismith. Salah satu perkembangannya adalah diciptakannya gerakan slam dunk atau menombok, yaitu gerakan untuk memasukkan dan melesakan bola basket langsung ke dalam keranjang yang bisa dilakukan dengan gerakan akrobatik yang berkekuatan luar biasa.

Bola basket di Indonesia

Ada beberapa informasi mengatakan masuknya basket bersamaan dengan kedatangan pedagang dari Cina menjelang kemerdekaan. Tepatnya, sejak 1894, bola basket sudah dimainkan orang-orang Cina di Provinsi Tientsien dan kemudian menjalar ke seluruh daratan Cina. Mereka yang berdagang ke Indonesia adalah kelompok menengah kaya yang memilih olahraga dari Amerika itu sebagai identitas kelompok Cina modern.
Informasi ini diperkuat fakta menjelang dan pada awal kemerdekaan klub-klub bola basket di sejumlah kota besar seperti Jakarta, Medan, Bandung, Semarang, DI Yogyakarta, dan Surabaya sebagian besar tumbuh dari sekolah-sekolah Cina. Dari klub itu pula kemudian lahir salah seorang pemain legenda Indonesia, Liem Tjien Siong yang kemudian dikenal dengan nama Sonny Hendrawan (Pada 1967 Sonny terpilih sebagai Pemain Terbaik pada Kejuaraan Bola Basket Asia IV di Seoul, Korea Selatan. Waktu itu, tim Indonesia menduduki peringkat ke-4 di bawah Filipina, Korea, dan Jepang).
Pada 1948, ketika Negara Indonesia menggelar PON I digelar di Solo, bola basket, sudah menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan. Ini membuktikan bahwa basket cepat memasyarakat dan secara resmi diakui Negara. Tiga tahun kemudian, Maladi sebagai Sekretaris Komite Olimpiade Indonesia (KOI) yang kemudian menjadi Menteri Olahraga, meminta Tonny Wen dan Wim Latumeten untuk membentuk organisasi bola basket. Namun akhirnya karena tuntutan kebutuhan untuk menyatukan organisasi basket, disepakati pembentukan Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia pada 1955, disingkat Perbasi.[3]

Selasa, 29 Januari 2013

GITAR

Kalau kita omong-omong tentang gitar, biasanya kita lalu membicarakan merek dari gitar yang digandrungi banyak orang. Cukup bangga juga dengan perkembangan akhir-akhir ini mengenai beberapa gitar buatan Indonesia yang sudah mulai cukup terkenal di luar negeri sebagai gitar yang kualitasnya cukup baik. Baik disini berarti sudah bisa bersaing dengan merek-merek terkenal di dunia.
Salah satu merek gitar yang sangat dikenal diseluruh dunia adalah “Fender”. Nama Fender diambil dari nama pembuatnya, Clarence Leonidas Fender, seorang Yunani Amerika yang hidup antara tahun 1909 sampai tahun 1991. Clarence Leonidas Fender, biasa dikenal sebagai Leo Fender, dilahirkan pada tanggal 10 Agustus 1909, dan meninggalkan dunia yang fana ini pada tanggal 21 Maret 1991. Dia meninggal, setelah beberapa lama menderita komplikasi dari “Parkinson’s Disease”.
Leo Fender memulai pembuatan gitarnya pada tahun 1946, dari hanya sebuah gudang kecil yang tadinya berupa bengkel reparasi radio disalah satu sudut terpencil di California, sampai sekarang menjadi konglomerat raksasa kelas dunia penghasil gitar berkualitas tinggi dengan nama “Fender Musical Instruments Corporation” atau FMIC. Fender telah menjadi “brand” terkenal sebagai penghasil electric instruments, seperti Gitar, Bass Gitar dan juga amplifiers.
Fender menjadi terkenal, setelah berhasil mendisain gitar yang gampang dipegang, mudah di “tune” dan juga yang paling penting enak dimainkannya. Keunggulan itu paralel dengan kemampuannya membuat suara dari gitar yang dapat menetralisir suara “feed back” yang dihasilkan senar gitar melalui amplifier yang juga didisain secara khusus.
Leo Fender, pertama kali muncul dipasaran dengan gitar fender tele atau “telecaster” yang diluncurkannya pada tahun 1949, merupakan produk pabrik Fender di Fullerton, California.
Setelah memperoleh banyak masukan, berupa saran dan kritik dari banyak pemain gitar fender tele ini, Leo Fender bekerja keras dengan beberapa pekerjanya untuk menyempurnakan gitar fender. Terakhir, setelah menerima banyak juga masukan dari pemain gitar yang piawai saat itu, Bill Carson, maka Fender mengeluarkan produk barunya yang berupa penyempurnaan dari model sebelumnya (fender tele) menjadi sebuah gitar yang kemudian terkenal dengan nama Fender Strat atau “stratocaster” . Fender Stratocaster ini diluncurkan pada tahun 1954. Leo dengan sangat cerdas, mempertahankan model “telecaster” yang sudah kadung mempunyai penggemarnya tersendiri, dan kemudian juga memasarkan varian barunya “Fender Stratocaster”, sebuah gitar yang merupakan produk dari “redesigning” telecaster.
Strategi menangkap pasar dari para penggemar gitar, dimulai dengan dua jenis gitar fender ini. Sebelumnya, dia juga sudah membuat dan memperkenalkan produk lainnya yaitu Bass Guitar Fender. Cukup banyak musisi yang menyenangi dan bahkan fanatik dengan Bass Guitar Fender ini, sampai dengan Leo memperkenalkan inovasi barunya dengan bentuk Bas gitar Jazz, yang langsung merebut pasaran sebagai “best selling bass guitar” pada tahun 1960.
Kunci keberhasilan Leo Fender adalah terletak pada inovasi dan kreativitasnya yang “kagak ada matinye !” Dia dikenal sebagai produsen dari “new and innovative instruments”, yang selalu meng “create and amplify music” serta pula mem “shape the way we hear music”. Pendek kata Leo menerapkan kiat yang selalu “never stop create the new !”
Produk berikutnya yang juga kemudian mendapatkan penggemarnya tersendiri adalah yang dinamakan “Fender Jaguar”, yang sesuai namanya tampilan gitar ini lebih galak dengan lebih banyak tombol pengatur suara yang menjadi ciri khas nya. Jaguar, dapat dikatakan hanya punya sedikit penggemar dibandingkan dengan kedua model sebelumnya yaitu tele dan strat. Yang paling banyak beredar di seluruh dunia, penggemar terbanyak adalah dari jenis Stratocaster. Uniknya adalah, Leo Fender telah dapat mengkotak-kotakan para pemain gitar di jagad ini menjadi pemain gitar yang senang dengan “telecaster”, “stratocaster” dan “jaguar” yang kesemuanya merupakan keluarga besar “fender”.
Fender telah menggulingkan popularitas pembuat gitar pendahulunya “Orville Gibson”, kelahiran 1856 di Chateaugay, New York yang memulai dengan memproduksi Mandolin di Kalamazoo, Michigan. Gitar Gibson telah beredar dipasaran gitar Amerika sejak tahun 1902 yang lebih populer dengan produk “gitar akustik” nya. Akan tetapi sampai dengan saat ini, penggemar fanatik kedua merek terkenal itu relatif tetap tersebar merata di dunia. Tidak atau kurang diketahui siapa diantara keduanya yang lebih unggul, karena masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan pada produk yang dihasilkannya.
Khusus untuk Leo Fender yang nama lengkapnya Clarence Leonidas Fender, pada tanggal 7 Februari 2009 yang lalu, baru saja menerima “Technical Grammy Award” sebagai Orang dan atau Perusahaan yang berkontribusi teknis istimewa pada bidang rekaman musik. Penghargaan itu, diterima langsung oleh ahli waris Leo Fender yaitu isterinya bernama Phylis Fender dalam suatu upacara bergengsi di Los Angeles, USA.
Itulah, cerita ringan tentang fender, sebuah kisah sukses dari seorang yang memiliki semangat tinggi, kreativitas yang tiada henti serta kecintaan yang luar biasa terhadap dunia musik. Dunia yang banyak disenangi orang, namun disini, para musisi nya masih kurang dihargai sesuai dengan kreativitas yang dimilikinya. Kaset, CD dan VCD serta DVD bajakan masih saja menghadang bagi peluang untuk munculnya maestro musik di Indonesia.

One Direction - Kiss You

(Zayn)
Oh I just wanna take you anywhere that you like
We can go out any day any night
Baby I'll take you there take you there
Baby I'll take you there, there

(Harry)
Oh tell me tell me tell me how to turn your love on
You can get get anything that you want
Baby just shout it out shout it out
Baby just shout it out

(Liam)
And if you
You want me to
Lets make a move, yeah

(Harry)
So tell me girl if every time we

(All)
Touch
You get this kinda rush.
Let me say yea a yeah a yeah yeah a yeah

If you don't wanna take this slow
If you just wanna take me home
Let me say yeah a yeah a yeah yeah a yeah
And let me kiss you

(Zayn)
Oh baby, baby don't you know you got what I need
Lookin' so good from your head to your feet
C'mon come over here over here
C'mon come over here yeah

(Niall)
Oh I just wanna show you off to all of my friends
Makin' them drool down their chiney chin chins
Baby be mine tonight, mine tonight
Baby be mine tonight yeah

(Liam)
And if you
You want me too
Lets make a move, yeah

(Zayn)
So tell me girl if every time we

(All)
Touch
You get this kinda rush.
Let me say yea a yeah a yeah yeah a yeah

If you don't wanna take this slow
If you just wanna take me home
Let me say yeah a yeah a yeah yeah a yeah
And let me kiss you
Let me kiss you
Let me kiss you
Let me kiss you
Let me kiss you

Na na na na na na na na
Na na na na na na na na
Na na na na na na na na

(Louis)
Yeah so tell me girl if every time we

(All)
Touch
You get this kinda rush.
Let me say yea a yeah a yeah yeah a yeah

If you don't wanna take this slow
If you just wanna take me home
Let me say yeah a yeah a yeah yeah a yeah
Touch
You get this kinda rush.
Let me say yea a yeah a yeah yeah a yeah

Touch
You get this kinda rush.
Let me say yea a yeah a yeah yeah a yeah

If you don't wanna take this slow
If you just wanna take me home
Let me say yeah a yeah a yeah yeah a yeah
Touch
You get this kinda rush.
Let me say yea a yeah a yeah yeah a yeah

Last Child - Rindumu Disana

Sejak saat kau terbang menjauh dariku
Sudah dua kali valentine ku lewati tanpamu
Ku hadapi datangnya rindu menyakiti
Dengan gagah ku kan selalu menjaga hati ini

Hingga nanti kau kembali ada dalam pelukku
Takkan pernah kan terkikis setia ini
Meskipun kita harus terpisah dan kau tlah jauh di sana
Takkan hilang sabarku untuk menanti
Dirimu tuk kembali bersama semua rindumu di sana
Dan mewarnai lagi redup hati ini yang lelah menanti

Selalu ku tunggu pesanmu datang untukku
Sedikit meredam sakit rindu yang semakin dalam

Ku selalu bermimpi bahwa engkau di sini
Bahagiakan hati ini yang telah sabar menanti

Sampai nanti kau kembali ada dalam pelukku
Takkan pernah kan terkikis setia ini
Meskipun kita harus terpisah dan kau tlah jauh di sana
Takkan hilang sabarku untuk menanti
Dirimu tuk kembali bersama semua rindumu di sana
Dan mewarnai lagi redup hati ini yang lelah menanti

Hingga nanti kau kembali ada dalam pelukku
Takkan pernah kan terkikis setia ini
Meskipun kita harus terpisah dan kau tlah jauh di sana
Takkan hilang sabarku untuk menanti
Dirimu tuk kembali bersama semua rindumu di sana

Dan mewarnai lagi redup hati ini yang lelah menanti